Thursday, March 31, 2005

buat yang kelaperan...!!!

yuk, bikin oseng-oseng tofutoge!!!^_^

junbi shimashouu!!


-wajan...mochiron!!
-sebungkus tofu goreng (summito, 100 yen)
-sebungkus tauge (summito, kalo pas murah bisa 20 yen, tapi kadang bisa 60 yenT_T)
-bawang putih (3 siung, hehehe..)
-bawang merah (kalo ada..)
-garam (sesuai selera)
-gula pasir (dikit aja, kata Rudy Choiruddin bikin gurih! yah, yakinlah apa yg dikatakan Rudy...!hehe..)
-merica bubuk (biar mantabh!)
-kecap manis (bango ato abc, ga masalah...)
-minyak goreng (1 sdm deh, hehehe...biar kliatannya ada ukurannya...)

action!!

haluskan ato cincang bawang merah-putih...tumis sampe wangi di 1sdm minyak yg udah yakin panasnya...
na, kalo dah wangi, masukan toge sama tofu yang udah dipotong2 agak gede...(sesuai selera deng)...
masukkin merica, garam, gula, kecap...aduk2 seperlunya aja...biar si tofu ga remuk...
biarkan beberapa saat sampe bumbu meresap...
sajikan ditemani nasi panas...
makan disarankan pakai tangan saja...
(ya iya lah, masak meh pake kaki...kekeke)

wah...jadi laper lagi ni..kekekeke

thanks to Mba Yulia...hehehe

ganbatte buat yg mo nyoba!^_^

Friday, March 25, 2005

CrazyPajamasParty...(chapter 2)

...habis sudah kesadaran Bapak-bapak polisi yang tadinya sempet percaya sama si jack nicholson...akhirnya mereka memutuskan untuk berhenti meringkuk di balik semak2, menunggu penjahat yang tampaknya hanya khayalan si mantan polisi tua yang malang, yg terlalu terobsesi pada si penjahat...Jack masih berusaha meyakinkan bahwa si penjahat akan datang...tapi si polisi sudah habis sabar..dan bahkan dia mengatakan akan bilang pada ibu si chrissy bahwa anaknya sedang jadi umpan penjahat...

tamatlah riwayat si polisi tua...teman2nya pergi...si single mother datang dan mencak2 gila2an...memarahi orang yg dia percaya dan ternyata malah mengumpankan anaknya pada penjahat keji...(yang tampaknya menganut budaya gomu jikan alias jam karet..lha wong udah hampir azan subuh belom dateng ke TKP juga...)

Jack hanya terdiam..tak bisa berkata apa2..hanya menoleh kira-kanan dengan liar...mencari2 penjahat yg dia tunggu seumur hidupnya...wah...pikirannya kacau...begitu pun ketika si ibu menyeret anaknya pergi...dari kehidupan Jack...

si polisi tua masih menunggu...sampai besoknya..besoknya...besoknya lagi...di depan Pompa bensinnya yg tak lagi beroperasi..karena si tua jack kini tak pernah mandi (tahu darimana?la wong dia garuk2 kaki...), hanya minum berbotol2 wiski...sambil bergumam-gumam meyakinkan diri...bahwa si penjahat bener2 akan datang...entah kapan...
the end
------------------------------------------------------------------------------------------------loh...ngomong2 penjahatnya mana nih???
ups...ternyata ada scene yg terlewat...hehehe...station wagon hitam yg meluncur kencang di tikungan...ternyata bertemu dengan truk tronton oranye...
habislah si station wagon...terbakar...musnah...bersama si penjahat keji yang sudah kita tunggu2 kedatangannya dari dini hari sampai menjelang fajar...
tengkoraknya terbakar gosong...bersama sebuah boneka landak...yah,...bisa anda bayangkan bagaimana marahnya para penonton????????!!!!!!!!!!!!!masa ada film penjahatnya ga jadi beraksi karena kecelakaan lalulintas...T_T (ikon nangis..)

mba ninta marah2 sama saya...karena memang saya tereak...wah jangan2 penjahatnya kecelakaan nih...pas ada adegan tikungan...hehehetapi apa daya...kita bertiga bukan sutradara....akhirnya pasrah saja...shalat subuh terus tidur,...hehehe...T_T

Wednesday, March 23, 2005

WhyAreTheySoSilent???

masih inget waktu di kelas seminar kami dari indonesia, korea, kanada dan berbagai macam negara lain menanyakan kenapa kampus di jepang begitu sunyi?
tak ada aktivisme seperti yg biasa kami lihat di kampus2 di negara kami?
dimana mahasiswa begitu identik dengan orasi dan demonstrasi...
tapi di tokyo university, yang katanya kampus paling keren di seantero negeri, bahkan poster atau banner perlawanan pun tak kami jumpai..
apalagi mahasiswa yang membakar bendera negara adi kuasa, seperti cerita teman dari korea...

di kelaspun begitu sepi...tak ada yang berpartisipasi dalam diskusi...
bahkan salah satu mahasiswi terang2an bilang...emang ngga pantas kalo cewek jadi perdana menteri...
dan motivasinya masuk tokyo university adalah karena ingin mencari suami dari universitas bergengsi...

wah...ironis? probably...
tapi hari ini saya mendapatkan sedikit jawaban, dari seorang pecinta nihon-jin kawaii...hehehhe
tidak bisa dijadikan satu2nya penjelasan si...tapi...salah satu penjelasan saja dari mungkin sekian banyak alasan dan proses panjang yang membuat bahkan kampus bernama tokyo daigaku pun begitu sunyi...




cah keren: menurutma bagaimana si isu perempuan di jpun??
waruui yoo: isu opo ?
waruui yoo: sing ndi ?
waruui yoo: nek menurutku sih
waruui yoo: kawaiiiiiii
waruui yoo: (opo meneh pas muni "sughooiiii")
waruui yoo: karo pipine merah muda
cah keren:
waruui yoo:
cah keren:
cah keren: (ngekek ra entek2..)
waruui yoo: lhoo tenan ki
waruui yoo: aku oleh wong kene no bersyukur kok
waruui yoo: perbaikan keturunan hehehe
waruui yoo: soale ga enek keluargaku sing bule, cino ato jepang
cah keren:
cah keren: podo!!
cah keren: slemann tulen!
cah keren: that`s not my point..
cah keren: nah, maksudku ki ngene...
waruui yoo: piye2 ?
cah keren: kepedulian perempuan jpn thd isu2 sosial dan politis..
cah keren: menurutmu gimana?
waruui yoo: hahahaha
waruui yoo: iku yo pertanyaan ku
waruui yoo: ke temen2 ku
waruui yoo: makane aku tau ngomong
waruui yoo: masalah barricade tahun 1960 di Todai
waruui yoo: jajal golekono sumber e
waruui yoo: enek gak
waruui yoo: iku tonggak apatisme masy jepang thd politik
cah keren: hah???
cah keren: emange peristiwa opo kui??
cah keren: tolong jelaskan secara singkat boss!!
cah keren: onegaishimasu
waruui yoo: barikade penolakan pembaharuan jepang oleh mhs
waruui yoo: mirip kejadian tianan men
waruui yoo: ngerti kan?
waruui yoo: sing ny cino
cah keren: yen kui ngerti
cah keren: sik jepun pie?
waruui yoo: yo mirip
waruui yoo: mirip
waruui yoo: dari situ walaupun enek korban tapi tetep ga merubah keadaan
waruui yoo: trus opini publik terpecah jadi 2
waruui yoo: 1. politik i kudu di lawan (pihak mhs jaman sblm kejadian itu)
waruui yoo: 2. politik itu ga ada gunanaya (sebagian besar mhs setelah itu)
waruui yoo: ngono
waruui yoo: saiki sing berkembang i pilihan ke 2
waruui yoo: apatis
cah keren: wolah...
waruui yoo: jelas ?
cah keren: iki manggon nang todai nem sasi ra tau ono sik ngomong koyo ngono
waruui yoo: makane kuwi
waruui yoo: mereka wis podo ga peduli
cah keren: padahal karo kancaku cah korea, kanada wis do di entek2ke
waruui yoo: makane kuwi
waruui yoo: wong jepang i males ngomogn2 ngono kuwi
waruui yoo: tak pikir bener juga
waruui yoo: lhp
waruui yoo: lho
cah keren: tak pikir ki do apatis mergo pemerintahe wis apik bgt..
waruui yoo: wong jepang sing bener
cah keren: ra ono cacte
waruui yoo: yo sih bukan masalah cacat sekarang
waruui yoo: tapi iso2 dadi bahaya laten
waruui yoo: seperti bom waktu
waruui yoo: (kalo di lihat dr sisi kritikus)
cah keren: oalah...
cah keren: ngono to...
waruui yoo: tapi nek aku luwih ndelok soko sisi liyo
cah keren: cah todai do mbisu kabeh pas ak, cah korea, kanada takon: kok kampuse tenang bgt? ra ono aktivisme ne blas?
waruui yoo: hahahaha...
waruui yoo: podo
waruui yoo: aku yo ngono
waruui yoo: rumangsamu aku ga bergejolak
waruui yoo: melihat kebisuan mereka
cah keren: dulu tak pikir krn mreka kan bakal masuk pemerintahan..jadinya pro status quo po pie..
cah keren: wah..ngono tha boss

Tuesday, March 22, 2005

CrazyPajamasParty...(chapter 1)

sabtu sore...shumatsu...wochenende...weekend...akhir pekan...
sepulang dari kichijooji eki...wie sama mba ninta dan mba yulia merencanakan makan es krim dan mousse stroberi...

pertama si, rencananya kita mo makan sambil ntn film barat yang biasanya diputer sabtu jam 9-an...ternyata sampe jam 10, film ga nongol2 jugaa...sedih...
ya sudah, tetep saja wie ngundang mba ninta buat paling enggak makan es krim n mousse nya mba yulia yang disimpen di kulkas saya...
mba yulia, seperti biasa...sking cintanya sama coastal lab jadi baru dateng jam stgh 12an...
abis itu kita mulai deh, mencoba makan eskrim, mousse, sama brebagai macam makanan dan minuman..hehehhe...

ternyata kita smua jagoan makan n melek...sampe jam 3, kita nemu film ttg pembunuhan..bahasa inggris dan bintangnya jack nicholson pula...ya sudah, kita smua bertahan melek untuk mengetahui akhir film tersebut...
begini ceritanya...

ada seorang polisi tua (jack nicholson), yang nampak2nya sudah menyelediki satu kasus pembunuhan berantai terhadap anak-anak perempuan selama beberapa tahun...korban terakhir, bernama ginny kalo ga salah, meninggalkan beberapa petunjuk berharga yg membuat jack nicholson menyimpulkan bahwa pembunuhan berantai ini mempunyai beberapa pola tertentu, dimana korbannya adalah anak perempuan umur 8-10 tahunan, cantik, pirang dan memakai baju merah...

tampaknya, dari lukisan korban terakhir ini juga diketahui bahwa si penjahat berbadan tinggi besar dan mengendarai station wagon item...
bahkan si jack juga sudah berhasil menemukan pola wilayah pembunuhan, sehingga dia bisa menyimpulkan bahwa suatu wilayah tertentu akan menjadi sasaran selanjutnya dari si penjahat...

however, tampaknya rekan2 polisi tidak bisa menerima proposisi yang diajukan si jack...tapi si jack tetep keukeuh (emang jack orang sunda??)...dan akhirnya dia milih desersi dari kepolisian...
dan memutuskan untuk membeli sebuah pom bensin kecil di wilayah yang dia perkirakan menjad sasaran si penjahat selanjutnya...
di tempat ini, dia bertemu dg seorang single mother yang kebetulan punya anak ce cantik pirang 10 tahunan bernama chrissy...nah, tampaknya inilah yng potensial jadi korban selanjutnya...
si jack ini akhirnya jadi deket banget sama ibu dan anak ini...bahkan si ibu yang sering dipukuli mantan suaminya memutuskan tinggal bareng si tua jack...tiap malem si jack ngedongeng buat chrissy, dan bahkan...si ibu akhirnya menjalin kisah dgn si tua jack....wah....

suatu hari...chrissy bercerita pada jack, bahwa dia janjian mo ketemuan dgn `the wizard` yang telah memberinya kue coklat berbentuk landak di picnic ground deket sungai...
wah,...ini dia...si penjahat akhirnya bener2 dateng...salah satu ciri khas dari maniak ini memang sgala merchandise berbentuk landak...termasuk kue coklat...
paginya, bahkan jack sudah membawa mantan teman2nya di kepolisian dulu buat nyergap si penjahat...

beberapa jam mengintip chrissy yang bermain sendirian di pinggir kali, nungguin si penjahat,...nothing happened...jack mulai gelisah..para polisi-pun mulai gatal2 digigit nyamuk....
sementara itu, di jalan menuju picnic ground, sebuah station wagon hitam meluncur di jalan yang menikung...

(to be continued...)

Monday, March 21, 2005

ShinagawaStory: Ustadz Zaitun Tetep Ganbarimashita!!!

Shinagawa!!!
sebuah eki terkeren dan terfuturistik yang pernah saya saksikan selama kebradaan saya hampir 6 bulan di negeri sodara tua ini...
soalnya hari ini kan ada pengajian, di tempetnya Mba Nur, yg udah lulus n bentar lagi mudik ke indonesia...(hehe, pake huruf kecil nulisnya...)

so many people i want to describe, so many jokes i wanna write, so many foods i wanna mention here, and so much impression i wanna share...
but for today, since i only got about 30 minutes, let`s go straight to the point!!
Yup...ini kan pengajiannya ustadz Zaitun...

di tengah ramenya para kodomo yg entah maen pedang2an, maenan hp kamera (wah...mengapa mereka meniru jejak saya...), ustadz tetep ganbarimashita nerangin sama kita...
kali ini pilihan temanya adalah...

Sabar dan Syukur....

nyesel bgt ni ga bawa kepekan, akhirnya terpaksa, biar tetep inget poin2 pentingnya, setiap kali ustadz abis ngomong, saya ulang2 sambil nunjuk2 ke muka Mba Yulia, Mba Pipit, sama Mba Lia...hehehehhe, wis, gayane pengkhotbah abiss deshouu!!!

ada 4 poin penting tentang syukur ni yg noteworthy bgt, biar gampang, saya ambil 4 kata kunci:

1. sadar
maksudnya bener2 menyadarkan diri bahwa kita telah mendapatkan nikmat dari Allah...reminding urself kalo misalnya sukses ujian bukan mulu karena blajar sampe teler, tapi juga karena kehendak Allah,...gitooo

2. dzikir
setelah menyadari akan begitu besarnya nikmatNya, kita harus inget terus sama Allah...berdzikir istilah kerenne...trus, dzikir itu sebaiknya dalam hati, lisan, dan dengan segenap jiwa kita...
jadi jangan cuma bilang : marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah bla-bla-bla...tapi malah lupa bilang alhamdulilah...hehehe

3. taat
nah ini ni, karena udah nyadar bahwa segalanya dari Allah, udah sepantasnya kalo kita taat kepada aturanNya...so, jalankan perintah dan jauhi laranganNya...toh itu kan buat kebaikan kita sendiri jeh...

4. manfaat
nah, yg ini penting bgt ni, soalnya ga cuma nyangkut diri kita...segala nikmat yg udah kita dapet, hendaknya kita gunakan sebaek2nya supaya membawa kebaikan dan manfaat, ga cuma buat kita tapi buat skitar kita juga gituuu...

berkaitan sama syukur ini, ustadz juga bilang..bahwa orang yang ga bisa bilang makasi sama sesamanya, itu berarti orang yg ga bisa bersyukur...
wah..wah...inget tuh!!! tiga kata sakti : maaf, tolong, dan makasih..hehehhee

trus lagi soal syukur...salah satu pentingnya kita bersyukur adalah karna Allah akan menambah nikmat orang yang bersyukur... itu sih sudah pengetahuan umum, cuma baru hari ini dapet knowledge enrichment ttg 4 steps in thanksgiving to our beloved God ityuuu...

so...sekecil apapun nikmat..ingatlah 4 hal itu...
oia, satu lagi...nikmat itu ada tiga macam...yg paling esensial nih...

1. kehidupan
2.kemerdekaan
3.iman

yang nomer 3 ini nih yg paling penting....nah, saya kan insya Allah dikasi tiga2nya...sudah sepantasnya mulai hari ini selalu mengingatkan diri untuk selalu ber-alhamdullilah...
in every breath i take...
huhehehehe...kayak sting aja neh...

Nantikan cerita selanjutnya dari Shinagawa, insya Allah segera menyusul...!!!(promosi bgt)

Thursday, March 17, 2005

dI-PublishDiBlogLaenLoh..!!!!

hehehe...tulisan ini di-republish di sini setelah beberapa jam sebelumnya nongol di http://muslimahberjilbab.blogspot.com...

sebelumnya, admin blognya minta ijin di friendster dulu:

Salam,Makasih ya atas kesan2nya... Wah, ternyata ada jgya orang Jepun yg gitu... Moga2 aja mrk diberikemudahan utk melihat & menerima kebenaran.Eh, diposting ya di Blognya Berjilbab... cobalihat: http://muslimahberjilbab.blogspot.com
wassalam,

sekarang inilah hasil publish-annya...hehehe...

Kesan-kesan Berjilbab (11)
Salam semua,Tolong dijawab dua pertanyaan berikut dan sebarluaskan ya...1. Sudah berapa lama kamu berjilbab?2. Ada pengalaman menarik selama berjilbab, kapan dan sebutkan...Jawabnya bisa melalui mailbox-nya Berjilbab di Friendster atau di-post aja di bagian 'comment' di bawah posting ini. Makasih...wassalam,****Ini jawaban-jawaban yg udah masuk - bagian 11

dYaHwiE:
1. berjilbab sudah sekitar 3-4 tahun kali yak...sejak lulus SMU..
2. Pengalaman menarik... mungkin Januari tahun 2005 ini... ketika saya berada di Jepang dalam rangka program pertukaran mahasiswa di Universitas Tokyo... waktu itu saya sama beberapa temen sedang berjalan di dekat stasiun, menuju ke kampus karena waktu itu sedang ada pesta mochitsuki (membuat kue mochi, kue dari beras khas Jepang)...

Di dekat stasiun, seorang bapak petugas pengatur lalu lintas bis, sambil sibuk bekerja dengan tongkat dan peluitnya, bertanya pada rombongan kami... Orang Islam ya? Dari negara mana? Saya yang menyadari bahwa si bapak bertanya begitu karena jilbab saya, setelah mengiyakan menjawab bahwa kami dari Indonesia dan Malaysia...(ada temen dari Malaysia, cowok)

Trus si Bapak bilang: `Jibaku..Jibaku...` karena pemahaman bahasa Jepang pas-pasan, kmai mengira arti kata tersebut adalah `Take care of yourself`... tapi belakangan, kami tau bahwa artinya adalah `self-exploding`... alias bom bunuh diri... selama di Jepang, itulah pengalaman paling tidak mengenakkan berkaitan dgn jilbab..(biasanya tidak ada yang berkomentar seperti itu..) tapi itu juga menjadi pengalaman yang berharga, yang memacu diri untuk semakin giat berusaha dan berdoa untuk menunjukkan bahwa Islam dan Jilbab bukanlah Teroris atau pelaku `jibaku`...

Semoga kisah ini bermanfaat... dan semoga mata dunia lebih terbuka untuk melihat kedamaian dan keindahan Islam yang sesungguhnya, yang benar-benar tercermin dalam perilaku umat Islam di dunia nyata... Aminnn...^_^


hehehe...gaya bahasanya aneh yak...resmi bgt bow!!
namanya juga nulis di blog-nya orang laen...harus jaim dikit duong!!!
kekeke...anyway...hopefully bermanfaat deh...^_~

Saturday, March 12, 2005

beckham-oporayamkering-alghazali

cah keren: eh, yg tadi itu pembalap F1 jpn y mba?
mbak Yulia: iya
cah keren: yg ganteng?
mbak Yulia: yoiw
cah keren: nama?
mbak Yulia: takuma sato
cah keren: iya2
cah keren: beckahm
mbak Yulia: ??
cah keren: ada beckham ngegolin tadi
mbak Yulia: untung ga liat...hehehe
cah keren: hahaha
cah keren: gayamu mbak..
cah keren: (padahal ngelrik sambil kedip2)
mbak Yulia:
cah keren: (saya pake kamera pengitip lg)
cah keren: eh, masih ngapain kok blm tdr?
mbak Yulia: lg masak hhehehe
mbak Yulia:
mbak Yulia: buat bento besok
cah keren: haha
mbak Yulia: eh td udah baca dikit ttg buku al ghazali
cah keren: gimana??
cah keren: bermanfaat ga??
mbak Yulia: susah bget diterapinnya
mbak Yulia: ktnya 3 golongan yg masuk surga
mbak Yulia: sedikit makan, sediit tidur, sedikit istirahat
cah keren: serius???????????
mbak Yulia: itu cm salah satunya
mbak Yulia: pokoknya intinya menjaga perut tetap lapar...
mbak Yulia:
cah keren: hehe
mbak Yulia: dan bahaynay perut yg kenyang..
mbak Yulia: wah...jd ngeri deh..
cah keren: misalnya??
cah keren: bukannya kalo lapar kita jadi pengen marah?
mbak Yulia: malah sebaliknya
cah keren: ?
cah keren: masa?
mbak Yulia: iya kan..
mbak Yulia: kyknya bawaan kita jd kalemm
cah keren: hee??
cah keren: soale ga bertenaga?
mbak Yulia: hehehhe
mbak Yulia: trus dibuku itu dibilang gini..
mbak Yulia: jika perut penuh..pikiran tertidur, kebijaksanaan membeku, dan anggota badan malas melakukan amal ibadah
cah keren: ?
cah keren: wahhhhhhh
mbak Yulia: ajaran sufi tuh sulit yah..
cah keren: muzukashiiiiiii
cah keren: (hehe, saya malah pengen baca buku ttg komunisme ki...hehe, sdih amat, lagi baca pustaklokanya kompas soale)
mbak Yulia: hehehhe
mbak Yulia: ada juga ttg antara hidup membujang dan hidup menikah..
cah keren: wah
mbak Yulia: hehhehe..ujung2nya menikah lagi....
mbak Yulia: dibilangnya...barang siapa menyibukan diri dengan menikah, maka dia condong kepada dunia...
mbak Yulia: wowww...
cah keren: hahhaha
mbak Yulia: gimana donk klo lelaki2 berprinsip spt itu....
cah keren: wah...bukankah mneikah adalah sunah
mbak Yulia: disini ditulis..
mbak Yulia: hendaklah tidak terperangkap oleh kenyatan bahwa rasul menikah berkali2..
cah keren: wah..susah
mbak Yulia: intinya..nabi mah mulia, jd ga bisa dibandingin ama kita2...gitu kali yah.maksudnya..
cah keren: wah
cah keren: moso kita ga boleh blajar
mbak Yulia: kli ini khusus ajaran sufi yah..
mbak Yulia: yg bener2 menghilangkan keduniawian..
cah keren: wah, al ghazali nikah ga mba??
mbak Yulia: hidup hanya untuk ibadah..
mbak Yulia: ga tau..
mbak Yulia:
cah keren: hehehe
mbak Yulia: eh ada sabda Rasul spt ini..
mbak Yulia: Takutlah thd fitnah dunia dan fitnah godaan kaum wanita. Sesungguhnya awal kehancuran Bani Israil datang melaui kaum wanita.
cah keren: wah...
cah keren: kok nyalahin kita..
mbak Yulia:
cah keren: hueheahaha
mbak Yulia: wanita yg bgamana dulu yah...
cah keren: iya
cah keren: kan
cah keren: wah, diskusi asyik sama 2 orang ni
mbak Yulia: klo diskusi sendiri mmg ada?? hehhehe
cah keren: engga
cah keren: yg satu mba yul
cah keren: yg satu warui
mbak Yulia: hahahhaha
mbak Yulia: http://resep.keluarganugraha.net/oporayamkering.html
mbak Yulia: eh tidur dulu yah..
cah keren: haha
mbak Yulia: jgn lupa besok bangunin..onegai..
cah keren: opor ayam kering?
cah keren: wah...
cah keren: jam satu iya mbak
cah keren: arigatou
cah keren: besok dilanjutin crita imam nya
cah keren: oyasuminasai
mbak Yulia: oke..lg dapet nih..biasanya tidurnya suka kebablasan..
mbak Yulia: oyasumi..wassalamualaikum wr wb
cah keren: haha


girls' talk can be so colorfull...ne??!!

EveryThiNGhaPPenOnHISknOwLEdgE(...part II...)

Perjalanan masih terus berlanjut…tak peduli rasa malu gara2 insiden `sedia payung meskipun tak ada ujan`…tak peduli napas yg sudah nyaris putus…(berlebihan kalo yg ini)…bahkan setelah makan siang di tempat yang kami kira sebagai the top of the takao-san pun, kita masih harus banyak mendaki…

Kita sampai juga di tempat pendakian yg licinnnnnnn banget..wuih, kayakna malemnya abis ujan atao gimana…jadi beberapa medan yg lumayan miring, bikin beberapa orang ojiisan ato obaasan alias kakek2 dan nennek2 yg enerjik (masih mau naek gunung apa tidak enerjik!!!) tampak harus ekstra hati2 saat menuruni maupun menaiki tanjakan…

Wah, trus ada satu kakek2 yg kayakna udah benar2 tergelincir dan agak keseleo…rombongan kami yg ada estebannya (kan dia calon dokter) ndeketin dia, dan sempet nanya apa dia baik2 aja…karena dia bilang daijoubu, ya akhirna kita lanjut naik dan si kakek lanjut turun dgn tertatih-tatih dibantuin sama temennya…
Si kakek sudah kami lupakan dalam perdebatan antara mark sama esteban tentang embuh apa aku lupa…

Sampai kami nyampai di sebuah tempat landai…berhenti sejenak untuk menarik napas lagi…
Rombongannya sarath sama maru nongol di belakang kami…di tangan sarath ada sekotak cookies coklat..langsung aja aku komentar lagi..hehe..(dasar kurang gawean..)
Udah lupa komentar apa tepatna. Tapi Maru-chan jelasin asal-usul itu kotak kue…ternyata, tadi mereka ketemu sama si kakek yg keseleo..dan rupanya keseleonya tambah parah, sampai si kakek bener2 butuh tongkat buat bantuin jalan…dan…masih ingat kan sama payung si sarath yg benri ja nai??? Yup, akhirnya tuh payung yang jadi penolong si kakek menuju ke kaki gunung…

Lalu bagaimana dengan cookiesnya?
Aku nyeletuk tentang betapa kejamnya orang yang masih sempet2nya minta kue sama orang yang keseleo..maksudku si becanda, tapi si sarath nyolot dan bilang…Hey, I’m not that kind of person!!
Hehe, kan becanda Bang!! Kok gitu aja marah…untung ada Maru yg Bantu jelasin kalo itu cuma guyon…wah, payah nih orang amerika…trus Maru juga jelasin bahwa si kakek dan temennya bener2 pengen ngasi sesuatu buat si `dewa tonkat`…hehe..tdainya malah mo dikasi duit seribu yen (seratusan ribu rupiah lo..)
Sesaat kemudian kami nyampe juga di The Real Top Of Takao-san…
Masih ada sekitar 2 jam, sampai kami benar2 naik ke atas bis dan mengakhiri hiking yang benar2 melelahkan ini…

Wah…tiba2 di bis jadi kepikiran sesuatu…
Apa jadinya ya kalo Sarath ga bawa tuh payung…
Lalu aku bilang sama esteban yang berdiri di sebelahku (bisnya penuh sih…)…ternyata nggak ada yg kebetulan ya di dunia ini….semuanya sudah diatur…(hehe..dianya ngah-ngoh gitu…)
Hmmm…smua kesan hari ini berakhir dengan indah…coba dicek skali lagi tulisan ini…dari awal…kayakna ngeluh terus ya…hahaha, padahal aslinya…perjalanan hari itu okeeeeeee banget!! Ada saatnya tersengal-sengal, ada saatnya makan siang seru, ada saatnya foto bareng di atas pohon mo-miji paling keren di puncak takao-san yg ditemu sama esteban, sampe saat berempat sama Maru, Hoa, n Marianne jadi orang terakhir yang nyampe bwah gara-gara jalannya tottemo suberi-yasukatta, sampe saat di bawah ketawa denger critanya fajar kalo boccelari sensei juga jatoh…hehehehe…

Takao-san in Autumn…hmmm…whatta a great creation…
Aikom-trip in Takao…hmm…whatta unforgettable proof of His knowledge…

Thursday, March 10, 2005

MerEduksiKEilMuaN??

opo sih maksudnya???just try to find it!!!hehehehe


cah keren: kasian..
cah keren: sego mambu??
waruui yoo: opo?
waruui yoo: yo ik
waruui yoo: mambu sop tapi
cah keren: ooooooo
cah keren: yen ngono ra sido mesakke
waruui yoo: lha iyo makane berfikirlah dua kali
waruui yoo: btul ?
cah keren: haha
cah keren: salah!!
cah keren: jadilah muslim komunis!!!!
waruui yoo: kok iso?
waruui yoo: jadilah muslim humoris
cah keren: aku ming waton kok
waruui yoo: itu baru masuk surga
cah keren: lagi moco resensi buku nang kompas ki
cah keren: keto`e menarik...kekekeke
waruui yoo: bukune sopo ?
cah keren: Judul: Mematahkan Pewarisan Ingatan: Wacana Anti-komunis dan Politik Rekonsiliasi Pasca-Soeharto.
Penulis: Budiawan
Penerbit: Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat, Jakarta, 2004
Tebal: xxxviii + 294 halaman

waruui yoo: wah keren2 ketoke
waruui yoo: owng HI i kudu moco ngono2 kuwi ya?
cah keren: la embuh...
cah keren: aku ming seneng bukak2
cah keren: kekeke
cah keren: tur mosok sik ngarang buku iki nganggo referensi sik wis tau tak nggo pas gae paper nang nggomah biyen
cah keren: (aku kangen karo kuliah nang ngomah ki..)
waruui yoo: btw kuliah e hi piye ae sih ?
cah keren: wah...
waruui yoo: guru moco buku trus murid e nyimak?
cah keren: ahhaahaha
cah keren: ono sik ngono sih..
cah keren: kekekeke
waruui yoo: so ?
cah keren: tapi karena kita punya 4 rumah yg berbeda
cah keren: kita bisa memilih...
cah keren: mana yg akan kita masuki, tempat kita blajar menjahit toga wisuda kita
waruui yoo: piye to aku ko ramudeng blass
waruui yoo: opo hubungane karo nyimak buku?
cah keren: haha
cah keren: dosene kan gayane bedo2
cah keren: ono sik mutu ono sik ra mutu
cah keren: sik ra mutu yo moco kui mau
cah keren: bosen
waruui yoo: lha nek sing mutu ?
waruui yoo: ngajak nomikai ?
cah keren: tapi sik mutu, nerangke bbg perspektif, dgn seimbang
cah keren: trus abis itu buka sesi tanya jawab
cah keren: diskusi deh kita
cah keren: gitu
cah keren: na, tiap mnggu dsiuruh bahan bacaan
cah keren: gituuuuuu, dibaca sbeom kul
cah keren: tapi biasane ming dho nggo wangun2
waruui yoo: wah rung dong
waruui yoo: dadi sing dipelajari opo ?
waruui yoo: misale tak takoki politik timur tengah mesti iso gak ?
cah keren: begini, ada minat topik dan minat kawasan
cah keren: minat topik:
cah keren: ekonomi politik internasional
cah keren: politik LN dan keamanan (plus studi perdamaian)
cah keren: isu-isu mutakhir
cah keren: teori dan perbandingan politik
cah keren: trus minat wilayah:
cah keren: amerika
cah keren: eropa
cah keren: timur tengah
cah keren: asia timur
cah keren: asia tenggara
waruui yoo: lha nek bidangmu n bidang e fajar opo?
cah keren: topik dan kawasan dikombinasaikan sak karepe dewe
cah keren: fajar asia timur karo ekonomi politik internasional
waruui yoo: lha nek dirimu ?
cah keren: opo yooo...
cah keren: hehe
cah keren: pol LN dan keamanan
cah keren: karo timur tengah
cah keren: (pada awalnya..tapi kemudian...hehe...)
waruui yoo: lho piye to?
waruui yoo: emang e ga fix?
cah keren: ga juga si
cah keren: cuman krn naksir sama salah satu dosen aku jadi ambil kul ttg feminisme..kekeke
waruui yoo: wah naksir bu dosen ki critane
cah keren: kok bu
cah keren: emange aku lanang?
waruui yoo: lho po ngerti bercinta sesama jenis
waruui yoo: dadi piye?
waruui yoo: cakupan bidang feminisme i maksude piye?
waruui yoo: apakah feminisme dlm kajian post modernisme ?
cah keren: judule kan gender dan politik...
cah keren: hmm, pradigmanya macem2
waruui yoo: sik2
waruui yoo: politik n gender?
waruui yoo: iku judul buku?_
cah keren: iya dong
waruui yoo: aku nduwe ketoke
cah keren: bukan
cah keren: judl kulia
cah keren: he????
waruui yoo: ohhh
cah keren: tenane??
cah keren: sopo sik nulis
waruui yoo: jajal dolan ke gramedia
waruui yoo: sik2 jajal tak golekne ny google
waruui yoo: buku iku terbitane cemeti jogja
cah keren: ok
waruui yoo: aku wis moco nek ga salah
waruui yoo: tapi sepintas
cah keren: ooo
cah keren: hehe
cah keren: kita buku teksnya bhs inggris sih
cah keren: mgkn buku2 yg lain buat bacaan tambahan ya..
cah keren: (anak HI-pembajak buku nomer satu!!)
waruui yoo: hahahaa
cah keren: mampune fotokopi bukune dosene
cah keren: pakdhe boss ki yo tertarik feminisme po?
waruui yoo: ga
waruui yoo: cuman pengin ngerti ae
waruui yoo: ben tambah pengetahuan
waruui yoo: nek aku tetep tertarik bung rhoma yg pasti kekekeke
cah keren: hahaha
cah keren: huaaaaaa
cah keren: kangen kuliah ngomah
cah keren: tapi bali2 wis ra kuliah
cah keren: yen ra kuliah ki rasane bodo banget
waruui yoo: lha trus masalah feminisme mau piye?
waruui yoo: woalah yen ra kuliah i rasane yo koyo wong kelangan
waruui yoo: (campursari banget)
cah keren: yoo..
cah keren: feminisme kan masuk isu2 mutakhir
cah keren: marakke mumet
cah keren: nek nggo nggawe skripsi angel
waruui yoo: Aspek-Aspek Seni Visual Indonesia, Politik dan Gender
Buku "Politik dan Gender" banyak membahas hubungan seni dan masyarakat, ide-ide tentang transformasi masyarakat, seni, dan politik. Pelbagai fenomena dan faktor- faktor sosial yang mendukung lahirnya gerakan seni rupa, tentang seni rupa penyadaram, termasuk bagaimana seni sebagai wahana membangun kesadaran kritis masyarakat dan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Sehingga dalam hal ini persoalan gender juga memberi warna tersendiri sebagai tanda tumbuhnya wacana persamaan, disposisi dalam seni rupa Indonesia, termasuk monografi perempuan perupa Indonesia. Serta tak pelak, buku ini juga membicarakan infrastruktur kritik seni rupa yang banyak menjadi persoalan mendasar dalam berbagai penelitian seni rupa Indonesia, di mana persoalan m
cah keren: kok isine aneh?
waruui yoo: http://www.cemetiartfoundation.org/indonesia/pustaka/terbitan_01.html
cah keren: jarene dan politik..
waruui yoo: beda ya?
cah keren: kok malah seni rupa??
cah keren: hehehe
waruui yoo: lho sing tak maksud yo kuwi
waruui yoo: jhehehehe
waruui yoo: buku sing tak nduweni
waruui yoo: makane aku takok
cah keren: kalo kuliah kita si, menurutku intinya terletak di bagaimana ide2 feminis memberikan kontribusi terhadap ilmu HI
cah keren: 8dan politik pada umumnya)
waruui yoo: misal ?
cah keren: apakah feminisme mampu mengubah wacana HI tradisonalis yang memandang dunia ini sebagai dunia yg anarkis
cah keren: (itu pandangan realisme, pardigma dominan dalam HI)
cah keren: nah, feminisme ini, mencoba memandang HI tidak seperti itu
cah keren: tapi dengan perspektif yg..mgkn identik dngn sifat2 keprempuanan
waruui yoo: wahhh bingunggg
cah keren: yg mengedepankan diplomasi,nir-kekrasan
waruui yoo: ohhh ngerti2
cah keren: pokoke sik non sifat2 keras
waruui yoo: dadi bukan membahas masalah isu feminisme itu sendiri?
cah keren: yg identik dgn laki2
cah keren: oh, tentu saja itu dibahas
cah keren: kita blajar landasan pemikirannya dulu dong, baru ke pengaruhnya di studi HI
cah keren: bahkan krn dosennya master of philosophy...
cah keren: porsi tentang feminsit thinkingnya lebih gede malah
waruui yoo: hmmm...
waruui yoo: jadi hi kuwi ga mbahas bagaimana sih isu timur tengah itu terjadi
waruui yoo: ato bgm sih indonesia dgn malaysia itu
cah keren: lo yo mbahas
waruui yoo: ngono?
cah keren: tergantung kuliahna apa!!
cah keren: kalo kelasmua HI asia tenggara pasti lg seru ni
waruui yoo: sik2
waruui yoo: ngene ae
waruui yoo: sebagai orang awam
waruui yoo: pasti kadang ga mau tau entah itu feminisme ato watahel
waruui yoo: tapi kadang mung takok
waruui yoo: ada apa sih yg di timur tengah itu?
waruui yoo: lha nek ngono kuwi sing berhak menjawab bidang hi dudu ?
cah keren: kalo dilihat dari ranah keilmuan
cah keren: iya dong
cah keren: hehhee
waruui yoo: so ?
waruui yoo: apakah kamu akan menjawab seperti itu kalo ada tukang becak di pinggir sayidan bertanya?
cah keren: he,bertanya apa?
waruui yoo: waluyohadi : ada apa sih yg di timur tengah itu? ---> pertanyaan tukang becak
cah keren: oh
cah keren: hehe
cah keren: gimana ya
waruui yoo: .siriusnape : kalo dilihat dari ranah keilmuan--->jawaban ahli hi
cah keren: la pertanyaan-ne kan ngono
cah keren: krn maskudku, mungkin pertanyaan itu bisa dijawab dgn berbagai versi oleh berbagai bidang ilmu
cah keren: hehe
waruui yoo: yo wis gpp
waruui yoo: tau krungu statement e anwar ibrahim
waruui yoo: ketika berkunjung di indonesia?
cah keren: opo?
waruui yoo: hehehe lali kau
waruui yoo: aku
cah keren: hehe
cah keren: coba dieling2
cah keren: njuk aku dicritani
waruui yoo: bahwa ilmuwan di negara indonesia itu masih seperti menara gading
waruui yoo: (kurang lebih seperti itu ringkasan e)
cah keren: nah...hahahaha
cah keren: itu yg menjd masalah
cah keren: ilmuwan HI apalagi
waruui yoo: so ?
cah keren: tapi,belakangn
cah keren: HI blajar dari sosiologi tentang teori kritis
cah keren: paradigma baru yg mencakup collective human action
cah keren: jadi ga cuma berteori
cah keren: tapibagaimana teori itu bisa membantu memcahkan masalah manusia
cah keren: makanya banyak orang2 ilmu politik yg bergerak di LSM
cah keren: pemberdayaan masyarakat desa misale
cah keren: mgkn itu salah atu cara ngatasin menara gading itu
cah keren: (hehe..tapi saya juga ga phama)
waruui yoo: hmmm
waruui yoo: kadang aku mikir terbalik mbok de
cah keren: pie?
waruui yoo: sik2
waruui yoo: dilut
waruui yoo: tak metu dilut e
waruui yoo: sip
waruui yoo: sampe dimana kita tadi ?
cah keren: metu
waruui yoo: aku lebih suka mereduksi keilmuan
cah keren: lebih banyak di tataran praktis??
waruui yoo: ya boleh juga
cah keren: ya, emmang tujuan dari ilmu pengetahuan kan bantuin kita mecahin masalah kan
cah keren: jadi mungkin bikin balance itu yg penting tapi susahhhhhhhhhhh
cah keren: brerati harus banyak blajar dari boss copet ni
waruui yoo: wah ojo
waruui yoo: aku yo jik blajar ki
waruui yoo: sik2
waruui yoo: aku kudu mulai soko ndi ya
waruui yoo: bayanganmu
waruui yoo: kira2 kedepan mau jadi apa?
cah keren: hahaha
waruui yoo: lho itu riil lho
cah keren: makanya aku ketawa
cah keren: deplu..bukan lagi impian utama
cah keren: mngkin jurnalis
cah keren: cita2 sejak smu
waruui yoo: hahaha bagus2
waruui yoo: itu kerennnn
cah keren: tapi kayakna kurang kompeten ki
waruui yoo: kok iso?
cah keren: la wong ngger ngirim tulisna ditolak terus
cah keren: kekeke
waruui yoo: yo di terbitne dewe to hehehe
cah keren: hahaha
cah keren: bagaimana menurut anda kalo menjadi scholar?
cah keren: keke...
waruui yoo: maksude?
cah keren: hehe, gara2nya di surat rekomendasi dosen yg saya taksir bilang...wah, bisa jadi scholar ..keke
waruui yoo: opo hubungane karo feminisme?
waruui yoo: dll tadi ?
cah keren: ga ada hubungannya
cah keren: cuma jadi kepikiran scholar sbg karir
cah keren: hehee
waruui yoo: bagus juga tuh
waruui yoo: yo wis balik ke masalah awal
cah keren: ayo
waruui yoo: sori aku rodo lambat
cah keren: (scholar-paling potensial terjebak menara gading9
waruui yoo: soale tak sambi melakukan sesuatu hehehe
waruui yoo: yo makane
waruui yoo: iku tergantung, apa sih sebenarnya masalah n bgm menyelesaikan
waruui yoo: kadang aku mengkritik pendidikan indonesia i yg barat banget
waruui yoo: saiki delok ae
waruui yoo: pada kemana org2 pandai kita
waruui yoo: (tulung dibenerne yg nek enek sing salah)
waruui yoo: semua pada lari keluar negeri
waruui yoo: knapa?
waruui yoo: karena pendidikan kita pake ukuran negara maju
waruui yoo: kalo di indonesia ga kepake ilmunya
waruui yoo: cari lah dia sarang yg sesuai dengan ilmunya
waruui yoo: celakanya org2 itu adalah org2 cerdik cendekia
waruui yoo: yg seharusnya membangun negeri
cah keren: hhmmm....
cah keren: iya juga si
cah keren: jajdi inget
waruui yoo: kita ga bisa menyalahkan luar negeri
waruui yoo: karena kita ada di bayangan mereka sejak dulu
waruui yoo: ya akhirnya indonesia dipegang oleh orng2 yg kurang berkompeten
waruui yoo: trus kita lari ke masalah demokrasi
waruui yoo: knapa demokrasi kita ga jalan, karena kita berkiblat ke amerika
waruui yoo: yg soko gurunya sudah tersusun rapi
waruui yoo: ehhh indonesia yg tidur aja sarungan n ngga pake celana udah dikasih demokrasi
cah keren: bagaimana bisa mnegatakan demokrasi ga jalan?
waruui yoo: SBY kepilih jadi presiden
waruui yoo: itu bukt9i
cah keren: demokrasi yg dimaksud yg kayak apa?
waruui yoo: bukti
waruui yoo: sistem pemilu
waruui yoo: ngerti kan knapa pihak sby ga iso sejalan dengan dpr
waruui yoo: karena dpr dibangun oleh demokrasi
waruui yoo: dimana satu orang memeiliki satu suara untuk memilih wakil rakyat
waruui yoo: artinya ga peduli profesor, ga peduli copet
waruui yoo: semua satu suara
waruui yoo: akhirnya enek alasan knapa memilih sby?
waruui yoo: karena ngganteng... demokrasi macam apa itu
waruui yoo: piye?
waruui yoo: ada tanggapan?
waruui yoo: tapi iku blum ke arah reduksi ilmu pengetahuan lho ya
waruui yoo: ngko sik ae
cah keren: wah..susah
waruui yoo: wis ngantuk mesti?
waruui yoo: yo wis dilanjut kapan2 ae
cah keren: hehe, tapi pakdhe boss ternyata ok juga pemikirannya
waruui yoo: he?
waruui yoo: iku dudu boss
waruui yoo: itu waluyohadi
waruui yoo: kalo yg kemarin2 itu boss copet
cah keren: kritik yg sama solae juga dilontarkan oleh pengkritik2 demokrasi prosedural
cah keren: yg hanya menganggap demokrasi adalah pemilu
cah keren: habis perkara
cah keren: padahal ada macem2 demokrasi
cah keren: dan justru pemahaman tentang demokrasi yg tidak dominan malah munkin bisa lebih menjanjikan keadilan...
cah keren: demokrasi sebagai alat?
cah keren: ato demokrasi sebagai tujuan?
waruui yoo: maksude?
waruui yoo: itu pertanyaan?
waruui yoo: ato pernyataan?
cah keren: hehe
cah keren: kui bagian dari kuliha pengantar sudi demokrasi
cah keren: terlalu panjang buat dicritakan
cah keren: wis ngantukkkkkkkkkkkk
waruui yoo: yo wis
cah keren: arigatone
waruui yoo: kapan2 ae
waruui yoo: aku pengin blajar akeh karo wong2 koyo dirimu kuwi
cah keren: kochira koso
cah keren: kayakna aku yg harus bljr banyak
waruui yoo: yo wis
waruui yoo: ga usah belajar ae lah
waruui yoo: marai bingung kabeh
cah keren: ttg mereduksi keilmuan
cah keren: hahahhahahaa
cah keren: (itu bukan bljar)
cah keren: oke deh
cah keren: oyasuminasai
waruui yoo: moto ku : membuat belajar serasa tidak belajar
waruui yoo: oyasumi nasai
cah keren: assalamualaikum
waruui yoo: waalaikum salam

(nuwun buat Boss yg sudah stuju ini dipublish)

EveryThiNGhaPPenOnHISknOwLEdgE

Autumn 2004…
Wuih….this is Aki!!!!! Alias autumn, alias musim gugur…yang di Indonesia hanya terjadi saat angina bertiup sepoi-sepoi di kampus Fisipol UGM atau SMU 3 Jogja..hehehe..
17 November 2004
Senangnya!! Hari ini autumn field trip nya aikomsei..kayak biasa, kita ngambil hari rabu, hari liburnya kelas aikom..(hehe, padahal kan sabtu minggu juga dah libur..banyak amat lburnya…sudah jangan protes, namanya juga liburan gitu loh!!!)
Na, karena ini autumn, we went to the best place to sense the atmosphere of autumn in Tokyo (hehe, jadi inget autumn in New York..) it’s Takao san!! Hehe..bisa disebut gunung ngga ya? Pokoknya semacam bukit yang ditumbuhi mo miji alias Japanese maple trees gitu deh…jadi di akhir musim gugur pasti si bukit ini banyak dikunjungi dan didaki sama nihon-jin-nihon-jin yang emang daisuki kalo sama yg namanya gunung…
Dari meidaimae kita udah telat banget ni…hehe, sok nyantai sih, padahl belom pernah tau yg namanya takao-san guchi itu dimana…pas di kereta smpet c-mail esteban, dan dia malah bikin panic karena dia mengungkapkan keyakinannya bahwa kami akan terlambat…
Akhirnya saya terpaksa menelepon boccelari sensei, dan bilang bahwa kami sedang di kereta dan bentar lagi bakal nyampe..hehe, padahal masih sekitar 5 stasiun-an..kekeke, bo-ong bgt..
Trus, ternyata, begitu nyampe, emang sih kami gerombolan terakhir (kaka, macam perompak saja kau ini..), tapi ternyata anak2 yg laen juga baru nyampe…
Mulailah kami mendaki!!ganbatte!!
Wah..selangkah-dua langkah-sebukit-dua bukit…masih bisa ketawa ketiwi…ngobrol ngalor ngidul, bolak-balik ngambil foto pohon2 berdaun kemerahan…
Tapi ternyata, ini bukit lumayan juga…fiuh, dada mulai sesak, napas tersengal-sengal, orang-orang pun mulai mengeluh..hehe..dan mulailah berjalan dgn tidak normal (berjalan mundur misalnya, berjalan sambil bergelantungan pada tas-nya apple-san misalnya…hehehehe,soalnya sepatunya dia baru sih..reebok lagi..loh opo hubungane..)
Wah..nyampe di atas dikit, wie bareng sama Sarath-san yg hari itu pake t-shirt putih kalo ngga salah…(hehe, ingatan saya terhadap warna memang bagus soalnya..)
Trus, dia bawa payung panjang warna putih…eh, aneh bangget kan..mosok di hari sepanas dan secerah itu mau-maunya kerepotan bawa payung, yang ga benri pula..kekeke…makanya, tanpa mikir-mikir ak langsung komentar…
“Ngapain bawa-bawa payung di hari secerah ini??”
(hehe, mungkin dg nada yg ga asyik, soale selaen lagi agak bete juga sebel, kok jalannya masih aja mendaki gitu..kekeke…)
Si Sarath ga jawab, hehe, sebel kali ditanyain gitu…soalnya tiba2 Hoa nyeletuk
“lho, kamu juga knapa bawa-bawa payung??” sambil nunjuk payung ijo yg nempel di tasku..wakakaka…hehehe…
I was speechless!!
(...berasambung...insya Allah!)

Monday, March 07, 2005

Wiejil: hmmm..kalo ada yg setuju mengganyang malaysia, kayakna cukup understandable ya, dg berbagai kasus recently...however,kalo saya pikir ya, sblum bisa bilang ganyang malaysia dan melakukan berbagai macam provokasi sampe memobilisasi laskar ato apapun namanya, ada baiknya kita sit back and relax,menhirup napas dalam-dalam, mengatakan kepada diri kita untuk tetap berkepala dingin...dan, memikirkan kembali beberapa hal di bawah ini...
1. memandang masalah ini dgn lebih jernih...kayakna dari perkembangan terakhir, upaya diplomatik pemerintah sudah lumayan tuh...sudah saling mengirim nota protes, SBY-Badawi sudah kontak2, tapi juga diimbangi pake show-off kapal perang di lapangan(seruu!!keke),kepedulian rakyat juga ada,...kayakna smua sudah blajar dari kasus sipadan-ligitan ni...jadi, untuk saat ini kita dukung aja upaya diplomatik dalam rangka resolusi konflik ini!keke...
2.ada masalah lain yg lbh perlu kita cereweti, kayak kenaikan BBM, ga tertutup kemungkinan kan rame2ganyang malaysia ini cuma pengalih perhatian yg dibuat sama pemerintah aja..(lebih lengkap baca politika-nya budiarto shambazy di http://kompas.com/kompas%2Dcetak/0503/05/utama/1601359.htm).zaman Bung Karno juga kan?hehe,critical history reading critane.critical reading of mass media juga jangan lupa... daripada cari musuh bersama, mending menyelesaikan masalah kita sendiri dulu deh...
3.soal ga tau trimakasih..wah,bentar deh, sudahkah Indonesia berucap terimakasih kpd negara2 tetangga (trmasuk malaysia) atas bantuan mreka pas kita kena tsunami?4.bagaimanapun, integritas wilayah dan harga diri harus tetap dipertahankan..tapi selama cara2 nir-kekerasan masih feasible, kenapa harus memilih cara2 lain yang hasilnya malah bisa bikin konfliknya merembet kemana2??to sum up, don`t make peace,...but TO BE PEACE!!let`s start from ourselves!!!

Thursday, March 03, 2005

UnTitLEd

Entah knapa akhir-akhir ini sering banget ngimpi tentang Indonesia...mulai dari yang di Jogja turun salju, sampe balik kesana buat ngambil sesuatu yang ketinggalan...
hehe, mungkin cuman ngimpi si...ngga ada hubungannya sama kenyataan yang ada...yah, kalo katanya freud (kalo ngga salah..), mimpi itu kan manifestasi keinginan kita..yah, mungkin aja wie emang lagi kangen sama yang namanya Indonesia dengan segala hiruk-pikuknya...

Tapi yang jelas, Indonesia lagi banyak banget masalah kayaknya...
mulai dari tsunami kemaren yang jelas banget akan menuntut begitu banyak upaya penyembuhan...sekarang rakyatnya udah harus menjerit lagi karena BBM dinaikkan...smua pada ribut...BBM bukan sekedar bensin 2400/liter...beras, telur, dan smua yg termasuk dalam himpunan sembako ikut-ikutan naik pasti...
pemerintah sibuk menampilkan angka2 yang mereka katakan sebagai peningkatan taraf hidup masyarakat setelah subsidi dicabut...sibuk menangkis segala macam tudingan miring para akademisi, LSM, dan mahasiswa...

sedihnya lagi, bebrapa orang yang slama ini sudah kadung dianggap sebagai orang2 pinter yang berhati nurani, malah ikut2an menampilkan namanya di `iklan layanan pemerintah` yang berhari2 sesudah pemuatannya masih menjadi bahan diskusi berkepanjangan...
civic education? mungkin itu yang mereka maksudkan...tapi rasanya kok agak mencurigakan, la wong trenyata si freedom institute itu punyanya pak aburizal bakrie...
wah...jadi takut...semakin berkurangkah para pembela rakyat??semoga tidak!!

kompas hari ini...
demo dimana2...rumah wapres didemo...
jadi ingat kampus fisipol yang rindang...yang tak pernah tidur...yang selalu meyimpan secuil kepedulian...teman-teman dan guru-guru yang selalu membuat wie terkagum-kagum...(kangen-kangen-kangen…)
rakyat Indonesia...masih ada harapan!!!
semoga...amiinnn!!!

perbatasan ada masalah lagi...sama malaysia dan singapore...hayooooooo!!!!!!!!!belajar dari sipadan-ligitan!!they should be the first as well as the last!!
Indonesia memang lagi ngadepin banyak ujian...hehe, tapi kan...kalo abis ujian, biasanya tambah pinter...amiinnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!

Indonesia...sampai kehabisan kata-kata nih...hehe, wis ngantuk!!

Bahkan Budhiarto Sambazy Berkecil Hati...


Masih soal BBM...wie baca Politika-nya kolumnis KOMPAS Budhiarto Sambazy...hehe, jadi pengen komentar...ini emailnya:

Date:
Mon, 28 Feb 2005 23:45:11 +0000 (GMT)
From:
"dyah widiastuti" View Contact Details
Subject:
tentang rasa keadilan...
To:
bas2806@kompas.com

dear Pak Budiarto sambazy,
ini email pertama saya ke bapak...well, meskipun dulu
lumayan sering beli kompas, tapi sayabaru skrg baca2
kolom bapak..
soal tulisan dgn titel di atas, saya punya bebrapa
komentar..
pertama, mungkin kesan yg saya tangkap dari tulisan
Bapak adalah agak sdikit mensimplifikasi, bahwa,
masalah utama terletak pada sosialisasi saja...dengan
kata lain, kayaknya theres nothing wrong dg kebijakan
itu sndir...padahal kata banyak orang, kebijakan itu
bukan satu2nya pilihan, jika saja msalah yg sangat
urgen, sperti korupsi dan pemborosan2 administratif yg
tidak perlu di pmerintahan segera ditangani...
trus soal legitimasi SBY..hmm...benarkah dia punya
legitimasi sekuat itu??well, saya pikir kemenangan SBY
bukan serta merta membuatnya bisa melakukan apa saja
si...
tadi malem saya chatting ma temen di indonesia, saya
bilang soal SBY yang siap jadi ga populer dg policy
ini...trus dia bilang, kalo ga populer tapi jadi kaya
siapa yg ga mau??hehe...itu aspirasi salah satu
mahasiswa kita Pak...dan saya juga
mikir...wah,....pejabat kita ini pada gimana si!!!kok
ga pada tobat2!!!pengen kaya terus...hehe
well, mungkin itu dulu kali ya Pak...buat saya,
menaikkan BBM bukan sekedar masalah
sosialisasi(walaupun itu jelas jga penting)...tapi
beneran, efek negatifnya bener2 bisa parah...dan
kenanya bisa ke yg udah miskin bgt....
dan saya heran waktu dulu SBY pernah bilang, bahwa dia
heran kenapa harga2 selalu naik ketika harga BBM
dinaikan...ga salah tu ada presiden ngomong
begitu???!!
walah...itu kan kayak 1+1=2...hehe, meskipun bukan
mutlak...tetep aja kemungkinane 99% lah...
thanks before

Eh...Bapaknya bales imel wie tu!! coba diliat...agak kecewa juga nih...bikin pesimis....tambah ngga terima SBY jadi presiden..huehehehe...ngga rela!!!


From:
"bas" View Contact Details
To:
"dyah widiastuti"
Subject:
Re: tentang rasa keadilan...
Date:
Wed, 2 Mar 2005 15:36:22 +0700

Mbak Dyah,
Maaf baru menjawab, kena flu. Betul sekali saya melakukan simplifikasi
karena pada saat menulis, Senin malam, kami di kantor sudah mengetahui
bahwa
BBM akan tetap dinaikkan. Tentu saja banyak alternatif yang mestinya
dipikirkan pemerintah agar tidak menaikkan harga BBM, namun tampaknya
SBY
terlalu percaya diri bahwa apapun yang dia putuskan tidak akan diprotes
masyarakat.
Kini legitimasi kemenangan lebih dari 60 persen yang diperoleh SBY
dalam
pilpres, praktis sudah ambruk. Hasil pantauan kami memperlihatkan bahwa
orang-orang kecil pun sudah menilai SBY berbohong soal perubahan dan
soal
akan berwatak kerakyatan. Tetapi, bukankah semuanya sudah terlambat
karena
dia masih berkuasa sampai 2009?
Wassalam,
Budiarto Shambazy



Tuesday, March 01, 2005

...muslim-in-japan...

cah keren: eh mbak, mo nanya..
mba lia: apa?
cah keren: jadi orang islam di sini susah ga??
cah keren: menurut pengalamanmu
mba lia:
mba lia: buat repoto ya..
mba lia:
mba lia: kalo dibanding sama di indonesia ..ya susah lah...
mba lia: tapi kalo dibandingkan sama negara-negara yg jelas memerangi islam..pasti lbh susah lagi
mba lia: contohnya amerika
mba lia: krn jepang didominasi oleh atheis..
cah keren: repoto desu keredomo, personnal projecy desu
cah keren: hehe]
mba lia: sehingga mereka tidak cenderung utk memaksa kita
mba lia: ato menyebarkan ajaran mereka juga
mba lia: beragama menurut mereka adalah suatu pilihan
mba lia: dan mereka atheis juga pilihan
mba lia: so..
mba lia: yg penting harus komitmen dgn pilihan kita
mba lia: menurut mereka kalau sudah berkomitmen utk punya agama...ya hrs dikerjakan dgn sebaik-baiknya
mba lia: jadi..krn mereka tdk siap dgn komitmen agama tersebut..jdnya merkea milih atheis aja..
mba lia: mendokusai ne...islam kyou...
mba lia: ..kan ngomongnya selalu gitu
cah keren: maksudnya apa tu??
cah keren: 8hehe)
mba lia: repot ya agama islam itu..
mba lia: kata mereka..
mba lia: karena hrs sholat 5 kali
cah keren: haha
mba lia: puasa
mba lia: dsb...
mba lia: jikan wa nain
mba lia: mereka sibuk kerja..jd nggak ada waktu buat agama
mba lia: katanya
mba lia:
cah keren: berarti itu komentar org jpn umumnya ya?
mba lia: yup
mba lia: makanya mereka suka heran
mba lia: kalau ada org islam gak sholat ato minum bir
mba lia: krn mereka tau di islam hrs sholat
cah keren: kalo temenku yg vietnam bilang= your god is totemo kibishii
cah keren: hehe
mba lia: dan dilarang minum bir
cah keren: hehe
mba lia: ya..hampir samalah maksudnya
mba lia: kibishii
cah keren: ho-o
mba lia: tp mereka sangat menghormati kita koq
mba lia: kalau kita komit sama agama kita
mba lia: malah kalo nggak..mereka jadi seneng gosipin kita
mba lia: bilang..eh..si anu muslim tapi minum bir loh..
mba lia: kalau misalnya ketemu sama org muslim yg lain
mba lia: hontou yo..
cah keren: hah??
cah keren: iya gitu mabk!!
mba lia: beneran
cah keren: itu org jpun??
mba lia: iya
mba lia: mrkkan suka gosipin kita lagi
mba lia: he..he..
mba lia: hati-hati
mba lia: terutama waktu party
mba lia: apalagi yg diomongin
mba lia:
cah keren: hahaha
cah keren: masa si?>
cah keren: tau darimana?
mba lia: ya..kan sering
mba lia: mbak lia dpt laporan dr mereka
mba lia: misalnya mereka kenal org indonesia ato muslim lain
mba lia: tapi..kelakuannya yg agak melenceng gitu
mba lia: seirng diomongin ke kitanya..
mba lia: padahal kita aja kadang nggak kenal ama org itu sbelumnya
cah keren: hahaha
cah keren: omoshiroi
mba lia: ..makanya ki wo sekete ne..
cah keren: hai2
mba lia: kalau sekali bilang saya gak makan daging ato ayam
mba lia: tau-tau dia liat kita makan..
mba lia: wah...bisa diomongin kemana-mana tuh
cah keren: sokka?
mba lia: krn gak komitmen..dan menurut mrk itu aneh
mba lia: lbh baik gak punya agama...begitulah kasarnya
mba lia: drpd punya agama tp gak bisa ngelaksanainnya
cah keren: ooo
cah keren: pernah dapat perlakuan buruk gara2 muslim ato pake jilbab ga??
mba lia: sejauh ini belum pernah
mba lia: alhamdulillah
mba lia: makanya..I love tokyo...
cah keren: haha
cah keren: alhamdulilah
cah keren: oke deh
cah keren: doumo arigatoo gozaimasu