Tuesday, March 01, 2005

...muslim-in-japan...

cah keren: eh mbak, mo nanya..
mba lia: apa?
cah keren: jadi orang islam di sini susah ga??
cah keren: menurut pengalamanmu
mba lia:
mba lia: buat repoto ya..
mba lia:
mba lia: kalo dibanding sama di indonesia ..ya susah lah...
mba lia: tapi kalo dibandingkan sama negara-negara yg jelas memerangi islam..pasti lbh susah lagi
mba lia: contohnya amerika
mba lia: krn jepang didominasi oleh atheis..
cah keren: repoto desu keredomo, personnal projecy desu
cah keren: hehe]
mba lia: sehingga mereka tidak cenderung utk memaksa kita
mba lia: ato menyebarkan ajaran mereka juga
mba lia: beragama menurut mereka adalah suatu pilihan
mba lia: dan mereka atheis juga pilihan
mba lia: so..
mba lia: yg penting harus komitmen dgn pilihan kita
mba lia: menurut mereka kalau sudah berkomitmen utk punya agama...ya hrs dikerjakan dgn sebaik-baiknya
mba lia: jadi..krn mereka tdk siap dgn komitmen agama tersebut..jdnya merkea milih atheis aja..
mba lia: mendokusai ne...islam kyou...
mba lia: ..kan ngomongnya selalu gitu
cah keren: maksudnya apa tu??
cah keren: 8hehe)
mba lia: repot ya agama islam itu..
mba lia: kata mereka..
mba lia: karena hrs sholat 5 kali
cah keren: haha
mba lia: puasa
mba lia: dsb...
mba lia: jikan wa nain
mba lia: mereka sibuk kerja..jd nggak ada waktu buat agama
mba lia: katanya
mba lia:
cah keren: berarti itu komentar org jpn umumnya ya?
mba lia: yup
mba lia: makanya mereka suka heran
mba lia: kalau ada org islam gak sholat ato minum bir
mba lia: krn mereka tau di islam hrs sholat
cah keren: kalo temenku yg vietnam bilang= your god is totemo kibishii
cah keren: hehe
mba lia: dan dilarang minum bir
cah keren: hehe
mba lia: ya..hampir samalah maksudnya
mba lia: kibishii
cah keren: ho-o
mba lia: tp mereka sangat menghormati kita koq
mba lia: kalau kita komit sama agama kita
mba lia: malah kalo nggak..mereka jadi seneng gosipin kita
mba lia: bilang..eh..si anu muslim tapi minum bir loh..
mba lia: kalau misalnya ketemu sama org muslim yg lain
mba lia: hontou yo..
cah keren: hah??
cah keren: iya gitu mabk!!
mba lia: beneran
cah keren: itu org jpun??
mba lia: iya
mba lia: mrkkan suka gosipin kita lagi
mba lia: he..he..
mba lia: hati-hati
mba lia: terutama waktu party
mba lia: apalagi yg diomongin
mba lia:
cah keren: hahaha
cah keren: masa si?>
cah keren: tau darimana?
mba lia: ya..kan sering
mba lia: mbak lia dpt laporan dr mereka
mba lia: misalnya mereka kenal org indonesia ato muslim lain
mba lia: tapi..kelakuannya yg agak melenceng gitu
mba lia: seirng diomongin ke kitanya..
mba lia: padahal kita aja kadang nggak kenal ama org itu sbelumnya
cah keren: hahaha
cah keren: omoshiroi
mba lia: ..makanya ki wo sekete ne..
cah keren: hai2
mba lia: kalau sekali bilang saya gak makan daging ato ayam
mba lia: tau-tau dia liat kita makan..
mba lia: wah...bisa diomongin kemana-mana tuh
cah keren: sokka?
mba lia: krn gak komitmen..dan menurut mrk itu aneh
mba lia: lbh baik gak punya agama...begitulah kasarnya
mba lia: drpd punya agama tp gak bisa ngelaksanainnya
cah keren: ooo
cah keren: pernah dapat perlakuan buruk gara2 muslim ato pake jilbab ga??
mba lia: sejauh ini belum pernah
mba lia: alhamdulillah
mba lia: makanya..I love tokyo...
cah keren: haha
cah keren: alhamdulilah
cah keren: oke deh
cah keren: doumo arigatoo gozaimasu

No comments:

Post a Comment