Wednesday, March 23, 2005

WhyAreTheySoSilent???

masih inget waktu di kelas seminar kami dari indonesia, korea, kanada dan berbagai macam negara lain menanyakan kenapa kampus di jepang begitu sunyi?
tak ada aktivisme seperti yg biasa kami lihat di kampus2 di negara kami?
dimana mahasiswa begitu identik dengan orasi dan demonstrasi...
tapi di tokyo university, yang katanya kampus paling keren di seantero negeri, bahkan poster atau banner perlawanan pun tak kami jumpai..
apalagi mahasiswa yang membakar bendera negara adi kuasa, seperti cerita teman dari korea...

di kelaspun begitu sepi...tak ada yang berpartisipasi dalam diskusi...
bahkan salah satu mahasiswi terang2an bilang...emang ngga pantas kalo cewek jadi perdana menteri...
dan motivasinya masuk tokyo university adalah karena ingin mencari suami dari universitas bergengsi...

wah...ironis? probably...
tapi hari ini saya mendapatkan sedikit jawaban, dari seorang pecinta nihon-jin kawaii...hehehhe
tidak bisa dijadikan satu2nya penjelasan si...tapi...salah satu penjelasan saja dari mungkin sekian banyak alasan dan proses panjang yang membuat bahkan kampus bernama tokyo daigaku pun begitu sunyi...




cah keren: menurutma bagaimana si isu perempuan di jpun??
waruui yoo: isu opo ?
waruui yoo: sing ndi ?
waruui yoo: nek menurutku sih
waruui yoo: kawaiiiiiii
waruui yoo: (opo meneh pas muni "sughooiiii")
waruui yoo: karo pipine merah muda
cah keren:
waruui yoo:
cah keren:
cah keren: (ngekek ra entek2..)
waruui yoo: lhoo tenan ki
waruui yoo: aku oleh wong kene no bersyukur kok
waruui yoo: perbaikan keturunan hehehe
waruui yoo: soale ga enek keluargaku sing bule, cino ato jepang
cah keren:
cah keren: podo!!
cah keren: slemann tulen!
cah keren: that`s not my point..
cah keren: nah, maksudku ki ngene...
waruui yoo: piye2 ?
cah keren: kepedulian perempuan jpn thd isu2 sosial dan politis..
cah keren: menurutmu gimana?
waruui yoo: hahahaha
waruui yoo: iku yo pertanyaan ku
waruui yoo: ke temen2 ku
waruui yoo: makane aku tau ngomong
waruui yoo: masalah barricade tahun 1960 di Todai
waruui yoo: jajal golekono sumber e
waruui yoo: enek gak
waruui yoo: iku tonggak apatisme masy jepang thd politik
cah keren: hah???
cah keren: emange peristiwa opo kui??
cah keren: tolong jelaskan secara singkat boss!!
cah keren: onegaishimasu
waruui yoo: barikade penolakan pembaharuan jepang oleh mhs
waruui yoo: mirip kejadian tianan men
waruui yoo: ngerti kan?
waruui yoo: sing ny cino
cah keren: yen kui ngerti
cah keren: sik jepun pie?
waruui yoo: yo mirip
waruui yoo: mirip
waruui yoo: dari situ walaupun enek korban tapi tetep ga merubah keadaan
waruui yoo: trus opini publik terpecah jadi 2
waruui yoo: 1. politik i kudu di lawan (pihak mhs jaman sblm kejadian itu)
waruui yoo: 2. politik itu ga ada gunanaya (sebagian besar mhs setelah itu)
waruui yoo: ngono
waruui yoo: saiki sing berkembang i pilihan ke 2
waruui yoo: apatis
cah keren: wolah...
waruui yoo: jelas ?
cah keren: iki manggon nang todai nem sasi ra tau ono sik ngomong koyo ngono
waruui yoo: makane kuwi
waruui yoo: mereka wis podo ga peduli
cah keren: padahal karo kancaku cah korea, kanada wis do di entek2ke
waruui yoo: makane kuwi
waruui yoo: wong jepang i males ngomogn2 ngono kuwi
waruui yoo: tak pikir bener juga
waruui yoo: lhp
waruui yoo: lho
cah keren: tak pikir ki do apatis mergo pemerintahe wis apik bgt..
waruui yoo: wong jepang sing bener
cah keren: ra ono cacte
waruui yoo: yo sih bukan masalah cacat sekarang
waruui yoo: tapi iso2 dadi bahaya laten
waruui yoo: seperti bom waktu
waruui yoo: (kalo di lihat dr sisi kritikus)
cah keren: oalah...
cah keren: ngono to...
waruui yoo: tapi nek aku luwih ndelok soko sisi liyo
cah keren: cah todai do mbisu kabeh pas ak, cah korea, kanada takon: kok kampuse tenang bgt? ra ono aktivisme ne blas?
waruui yoo: hahahaha...
waruui yoo: podo
waruui yoo: aku yo ngono
waruui yoo: rumangsamu aku ga bergejolak
waruui yoo: melihat kebisuan mereka
cah keren: dulu tak pikir krn mreka kan bakal masuk pemerintahan..jadinya pro status quo po pie..
cah keren: wah..ngono tha boss

1 comment:

  1. omoshiroi. wanna know `you` more.ikikik.
    Hidup anak HI!!!

    ReplyDelete