Monday, June 16, 2014

Tentang Manifesto Tulisan Dyahwie

Terinspirasi (uhuk) salah satu parpol peserta pemilu yang baru-baru ini meluncurkan manifesto-nya yang menggegerkan, saya merumuskan manifesto saya dalam menulis. Agak tidak sengaja sih, dan awalnya hanya saya microblog-kan di Twitter, menyambung tweet saya sebelumnya yang self-asking "kapan nulis lagi?"(thanks to Twitter, now speaking to ourselves doesn't count as symptom of insanity :p)
Namun karena sepertinya penting banget, saya putuskan untuk dipindah ke blog ini dan diberi tambahan narasi.

Sebenarnya, apa sih manifesto itu?

Manifesto, kata kamus Oxford adalah kata benda - Noun (plural manifestos), yang berarti "A public declaration of policy and aims,especially one issued before an election by a political party or candidate".
Nah pas kalo gitu kan? :p

Jadi ini adalah policy dan aims saya dalam menulis, yang saya deklarasikan. Tidak necessarily terkait dengan pemilu sih pengennya (tapi mungkin terutama karena jelang copras capres 9 Juli ini saya ingin menulis berbagai hal yang berpotensi membakar esmosi jiwa massa, maka perlu ada policy and aims yang jelas biar ndak banyak dosa hahaha), tapi berlaku seterusnya dan terjaga konsistensinya.

So, here's the manifesto:
1) tuliskan kebenaran (truth)
2) tuliskan pengetahuan (knowledge)
3) tuliskan kebaikan (goodness)
4) tuliskan harapan (hope)
5) tuliskan manfaat (iki opo yo bahasa inggris yg pas...hemm)
6) tuliskan cinta (love/compassion)
7) :) (no need to translate lah)

Pretty much what I aspire to write, flexible enough as a "corridor" (halah bahasane superteknokratis tetep).
Anyway, semoga membantu mengarahkan dan menyemangati dalam menulis ya Kak! :D



No comments:

Post a Comment